Soal-soal Simak UI Tahun 2010 dan Pembahasan

Peserta Simak UI Tahun 2010 mengalami penurunan daripada tahun 2009. Disinyalir ada tiga penyebab yang disinyalir menjadi faktor utama menurunnya jumlah pendaftar total Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) tahun ini yang mencapai 8,3 % dari tahun lalu, yaitu mencapai 77.225 calon mahasiswa. Tahun lalu, pendaftar SIMAK UI mencapai 78.965.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Humas UI Visnu Juwono seusai acara UI Campus Visit di Restoran Mang Engking, UI, Depok, Rabu (7/5/2010). Visnu mengatakan, penurunan tersebut dipengaruhi khususnya oleh penurunan jumlah pendaftar untuk jenjang S-1 Reguler. Pada SIMAK 2010 ini, penurunan mencapai 9,6 % atau total mencapai 69.714 pendaftar.

Download Soal-soal Simak UI 2010


Faktor Penyebab

Pertama disebabkan karena semakin ketatnya kompetisi, terutama di wilayah Jabodetabek, yaitu oleh keberadaan beberapa kampus swasta.

Faktor kedua, masa pendaftaran SIMAK UI yang terlalu panjang, yaitu 3 bulan. Sebaliknya, beberapa perguruan tinggi negeri lain memberlakukan masa pendaftaran yang lebih pendek. Sehingga, besar kemungkinan kini mereka sudah masuk ke perguruan-perguruan tinggi negeri itu.

Penyebab ketiga, yang merupakan faktor terpenting, adalah pesatnya perkembangan di daerah terkait otonomi daerah (otda). Dikatakannya, perkembangan perguruan tinggi mengiringi pesatnya perkembangan pembangunan daerah.

Fasilitas mereka berkembang dengan baik, sehingga muncul pemikiran mencari yang lebih murah karena tanpa harus keluar tambahan biaya hidup seperti jika kuliah di Jakarta.

Ditegaskan oleh Universitas Indonesia bahwa penurunan tersebut tidak terlalu drastis. Apalagi, UI saat ini masih mempunyai celah penerimaan melalui gelombang kedua, yaitu melalui UMB dan SNMPTN. Jumlah tersebut belum termasuk dengan penerimaan melalui jalur prestasi seperti olimpiade atau olahraga.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.