Lukisan "The Scream" Laku 120 juta dolar AS

NEW YORK,-Lukisan karya Edvard Munch yang sangat ikonik dan masterpiece berjudul The Scream, dan dimasukkan sebagai karya seni yang paling dikenal di dunia, terjual hingga mencapai angka 120 juta dolar AS di rumah lelang Sotheby, Rabu (3/5). Sekaligus menempatkan dirinya mencatatkan rekor terbaru sebagai karya seni yang paling mahal yang pernah terjual di rumah lelang.
Rumah lelang Sotheby's Impressionist and Modern tercatat juga telah menjual sejumlah mahakarya lainnya dari sejumlah seniman besar dunia seperti Picasso, Dali dan Miro. Tapi karya Munch, pelukis dari Norwegia itu yang melakukan proses kreatif dari tahun 1895 menempatkan dirinya sebagai bintang dari segala bintang, sehingga banyak membuat perhatian kolektor seni, dealer dan media tertuju kepadanya.
Meski pada awalnya, lukisan berbahan pastel itu diperkirakan hanya akan terjual tak lebih pada angka 80 juta dolar AS. Namun ketika dua pelelang yang bersaing keras untuk saling mendapatkan lukisan itu saling berusaha meninggikan tawarannya via telepon dari sebuah grup yang lebih dikenal dengan Kelompok Tujuh, akhirnya terputuskan pada angka final sebesar 107 juta dolar AS, atau 119.922.500 termasuk komisi, dalam sebuah durasi "perang lelang" yang memakan waktu hingga 15 menit.
Sampai saat ini nama pemenang lelang itu, belum teridentifikasi, karena kemenangannya diwakilkan oleh salah satu pimpinan eksekutif Sotheby.
Tercatat, salah satu dari empat versi karya lukis itu, terjual untuk seorang pebisnis dari Norwegia bernama Petter Olsen. Lukisan The Scream sekaligus mencatatkan dirinya melipat harga lukisan karya Picasso berjudul Nude, green leaves and bust, yang terjual hingga angka 106,5 juta dolar AS, di rumah lelang Christie dua tahun lalu.
Seperti dilaporkan Reuters, Jumat (4/5), ruang penjualan di Sotheby langsung meledak dengan tepukan membahana dan penuh keceriaan ketika palu diketukkan sebagai penanda lelang berakhir dan mencapai kesepakatan final. Beberapa pegawai Sotheby bersaksi, angka penjualan itu adalah yang tertinggi dalam karir mereka.
Lukisan The Scream, yang menggambarkan seorang figur yang menekan kepalanya sendiri dengan kedua tangannya, dengan latar belakang warna yang melengkung, diklaim sebagai karya seni yang paling banyak diabadikan dari cangkir kopi hingga karya kartun.
Untuk sebagian besar pecinta karya seni, karya itu dinilai sebagai karya seni paling populer kedua, setelah karya seni berjudul Mona Lisa.
Sedangkan tiga lukisan lainnya "The Scream", termasuk dua yang pernah dicuri, dan kemudian berhasil didandani ulang, sekarang berada di musium Norwegia.



via suaramerdeka.com 

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.