Ringkasan Matematika SMK Untuk Persiapan UN 2013

Kisi-kisi UN dan POS UN 2013 sudah diterbitkan oleh BSNP. Itu artinya pelaksanaan Ujian Nasional 2013 diselenggarakan sebentar lagi. Bila ingin meraih nilai bagus tentu harus belajar. Guna mempersiapkan diri menghadapi UN 2013 bagi siswa SMK berikut ini saya berikan Ringkasan Matematika SMK Untuk Persiapan UN 2013, yang dapat diunduh melalui tautan di bawah ini

POS UN 2013 dan Tata tertib UN tahun 2013

pos kisi kisi UN

Akhirnya BSNP mengeluarkan POS UN 2013 dan Tata tertib UN tahun 2013 pada tanggal
POS UN 2013 dan Tata tertib UN tahun 2013:
  1. Peraturan POS UN SD Tahun 2013
  2. Peraturan POS UN SMP,SMA, SMK dan UNPK Tahun 2013 
  3. Tata Tertib Pengawas Ujian Nasional TP 2012-2013 
  4. Permendikbud no 3 tahun 2013 
Mencermati isi dari  POS UN 2013 dan Tata tertib UN tahun 2013, ternyata tidak disebutkan soal ujian terdiri dari 2 paket soal. yang ada adalah tiap peserta dalam satu ruangan akan mendapatkan soal yang berbeda.
Lho... sama aja ya ternyata :D
Tapi tak perlu kuatir berlebihan, yang penting persiapkan dengan sungguh-sungguh, latihan soal sebanyak-banyaknya, dan tetap berdoa. Teakhir--yang paling penting jangan lupa mohon doa restu Bapak Ibu. Good luck !

Smart Solution UN Matematika SMA 2013 (SKL 2.4 Sistem Persamaan Linear)

Kita lanjutkan posting mengenai Smart Solution. Kali ini Smart Solution UN Matematika SMA 2013 (SKL 2.4 Sistem Persamaan Linear). Indikatornya berbunyi "Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan sistem persamaan linear". Pada UN tahun 2012 satu soal muncul tentang persamaan linear. 

Smart Solution UN Matematika SMA 2013 (SKL 2.4 Sistem Persamaan Linear) dapat diunduh melalui tautan di bawah ini

Kisi-kisi Soal Al-Qur’an-Hadits UAMBN (MI, MTs dan MA) Tahun Pelajaran 2012/2013


Berikut ini adalah kisi-kisi Soal Al-Qur’an-Hadis UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional) Madrasah Ibtidaiyah (MI),  Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Semua mata pelajaran yang di UAMBN kan telah diterbitkan oleh Dirjen pendis Kisi-kisi soalnya melalui  Keputusan Dirjen pendis No. 21 tahun 2013.
Untuk mendowload Keputusan Dirjen pendis No. 21 tahun 2013 Tentang Ketentuan Pelaksanaan UAMBN Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Tingkat MI, MTsN, Dan MA Tahun 2013 dapat di dowload melalui Link dibawah ini : 


Sedangkan untuk Kisi-kisi soal Al-Qur’an-Hadis MI/Mts dan MA sebagai berikut :

A. KISI-KISI UAMBN MADRASAH IBTIDAIYAH
1. Al-Qur’an-Hadis (Madrasah Ibtidaiyah)
No
Standar Kompetensi Lulusan
Indikator

Membaca, menghafal, menulis, dan memahami Surat-surat pendek dalam Al-Qur'an surat Al Faatihah, An-Naas sampai dengan surat ad-Dhuha.
  • Melengkapi dengan lafal yang tepat salah satu ayat surat al-‘Adiyat.
  • Menentukan nomor ayat salah satu ayat surat al-Insyirah.
  • Menentukan lafal ayat sesuai dengan terjemahan potongan ayat surat an-Nashr.
  • Menjelaskan isi kandungan dari salah satu ayat surat an-Nashr.
  • Menjelaskan isi kandungan dari salah satu ayat surat al-Kautsar.
  • Menentukan lafal ayat dari terjemah salah satu ayat surat al-Lahab.
  • Menentukan contoh bacaan idghom bighunnah.
  • Menentukan hukum bacaan ikhfa’ pada salah satu ayat surat al-Insyirah.
  • Menentukan nomor ayat dari salah satu terjemah ayat surat al-Kaafirun.
  • Menyebutkan isi kandungan dari salah satu ayat surat al-Kaafiruun.
  • Menentukan nomor ayat dari salah satu ayat surat al-Ma’un.
  • Menentukan lafal ayat dari salah satu terjemah surat at-Takatsur.
  • Menjelaskan isi kandungan dari salah satu ayat surat at-Takatsur.
  • Melengkapi ayat dengan lafal yang tepat pada satu ayat surat al-‘Alaq.
  • Menentukan lafal ayat dari nomor ayat surat al-‘Alaq.
  • Menerjemahkan lafal dari salah satu ayat surat al-Qodr.
  • Menyebutkan isi kandungan dari salah satu ayat surat al-Qodr.
  • Mengidentifikasi ayat yang termasuk surat ad-Dhuha dari beberapa ayat surat pendek.
  • Menentukan nomor ayat dari salah satu ayat surat ad-Dhuha.
  • Menentukan lafal yang mengandung hukum bacaan idghom bilaghunnah pada sura ad-Dhuha
  • Melengkapi salah satu ayat surat ad-Dhuha yang belum lengkap dengan lafal yang tepat.
  • Mengurutkan beberapa ayat surat ad-Dhuha.
  • Menerjemahkan salah satu ayat surat ad-Dhuha.
  • Menentukan ayat dari salah satu terjemahan surat ad-Dhuha.
  • Menyebutkan isi kandungan dari salah satu ayat surat ad-Dhuha.
  • Menentukan nomor ayat dari salah satu ayat surat al-Bayyinah.
  • Menentukan lafal yang mengandung hukum bacaan iqlab pada beberapa lafal dalam surat al-Bayyinah.
  • Menentukan nomor ayat pada salah satu potongan. ayat surat al-Bayyinah.
  • Melengkapi potongan salah satu ayat surat al-Bayyinah dengan lafal yang tepat.
  • Mengurutkan salah satu potongan ayat surat al-Bayyinah.
  • Melengkapi potongan ayat surat al-Bayyinah dengan lafal yang tepat.
  • Menentukan nomor ayat dari lafal awal salah satu ayat surat al-Bayyinah.
  • Menentukan hukum bacaan mad wajib muttashil dari surat al-Bayyinah.
2
Menghafal, memahami arti, dan megamalkan hadits-hadits pilihan tentang akhlak dan amal salih.

  • Menerjemahkan lafal pada potongan hadits tentang niat
  • Menyebutkan maksud dari lafal pada hadits tentang silaturrahmi.
  • Menerjemahkan lafal pada hadits tentang menyanyangi anak yatim
  • Menjelaskan perumpamaan kedekatan orang yang memelihara anak yatim dengan Rasulullah SAW
  • Menentukan lafal dengan tepat pada potongan terjemah hadits tentang takwa.
  • Menyebutkan isi pokok kandungan hadits tentang takwa.
  • Menerjemahkan lafal pada hadits tentang ciri-ciri munafik.
  • Menyebutkan isi kandungan potongan hadits tentang cirri-ciri munafik
  • Menyebutkan isi kandungan hadits tentang keutamaan memberi
  • Menentukan lafal dari terjemahan potongan hadits tentang keutamaan memberi
  • Menerjemahkan lafal dari hadits tentang amal salih.
  • Menjelaskan isi kandungan hadits tentang amal salih.
  • Menyebutkan kegiatan yang termasuk sedekah jariyah.
  • Menentukan do’a anak shalih terhadap orang tua

B. Kisi-Kisi Al-Qur’an-Hadis UAMBN MTs
1. Al-Qur’an-Hadis (Madrasah Tsanawiyah)
No
Standar Kompetensi Lulusan
Indikator
1
Memahami dan mencintai Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup
·         Menjelaskan pengertian alquran
·         Disajikan ayat QS.al-Baqarah 185, siswa dapat menunjukkan salah satu fungsi Al-Qur’an
·         Disajikan matan hadis, siswa dapat menunjukkan salah satu fungsi hadis
·         Menunjukkan cara memfungsikan Al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan sehari-hari
·         Disajikan ilustrasi, siswa dapat menunjukkan contoh penerapan al-qur,an sebagai pedoman hidup
·         Menunjukkan salah satu perilaku orang yang mencintai Al-Qur’an
2
Meningkatkan pemahaman Al-Qur’an Al- Fatihah, dan QS.-QS. pilihan yang telah dihafal di SD/MI melalui upaya penerapan cara membacanya, menangkap maknanya, memahami kandungan isinya, dan mengaitkannya dengan fenomena kehidupan

·         Menunjukkan ayat dalam QS. An-Nas yang mengandung tauhid rububiyah
·         Menunjukkan ayat dalam QS. al-Fatihah yang mengandung tauhid Uluhiyah
·         Disajikan salah satu ayat dalam QS. al-Fatihah, siswa dapat menunjukkan contoh penerapan ayat tersebut dalam kehidupan sehari-hari
3
Memahami dan menerapkan tajwid

  • Disajikan potongan ayat, siswa dapat menunjukan hukum bacaan qalqalah
  • Disajikan potongan ayat, siswa dapat menentukan contoh bacaan ra’ tarqiq
  • Menujukkan contoh hukum bacaan Idzhar halqi
  • Disajikan salah satu ayat dari surah Al-Zalzalah, siswa dapat menunjukkan hukum bacaan Nun mati atau tanwin
  • Menunjukkan hukum bacaan ikhfa syafawi
  • Disajikan potongan ayat siswa dapat menentukan hukum bacaan idhgham mutamassilain
  • Disajikan beberapa contoh hukum bacaan mim sukun, siswa menunjukkan hukum bacaan idzhar syafawi
  • Menerjemahkan salah satu ayat dari QS. an-Nashr

4
Menghafal dan memahami makna hadis-hadis yang terkait dengan tema isi kandungan QS. atau ayat sesuai dengan  tingkat perkembangan anak


  • Disajikan potongan hadis tentang tolong menolong, siswa dapat menerjemahkannya
  • Disajikan potongan hadis tentang mencintai anak yatim, siswa dapat melanjutkannya
  • Disajikan matan hadis tentang mencintai anak yatim secara acak, siswa dapat menyusunnya
  • Disajikan potongan hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat, siswa dapat menentukan arti dari salah satu lafadz yang terdapat di dalamnya.
  • Menujukan sikap hidup yang sesuai dengan isi kandungan hadis riwayat ibnu Asakir tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat


  • Disajikan hadis riwayat ibnu asakir tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat, siswa dapat melanjutkannya
  • disajikan matan hadis riwayat Muslim tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat ,siswa dapat menyusunnya
  • Disajikan potongan hadis riwayat at-tirmidzi tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam, siswa dapat melanjutkannya
  • Disajikan matan hadis riwayat ibnu majah tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam secara acak, siswa dapat menyusunnya
  • Disajikan matan hadis riwayat al-Bazar, tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam, siswa dapat menyimpulkan isi kandungannya
  • Disajikan potongan hadis tentang , siswa dapat menentukan arti dari salah satu lafadz yang terdapat di dalamnya.
  • Disajikan Hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah, siswa dapat melanjutkannya
  • Menunjukkan contoh amalan dalam kehidupan yang sesuai dengan Hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah.




C. Kisi-Kisi Al-Qur’an-Hadis UAMBN MA
1. Al-Qur’an-Hadis MA (MA Program IPA/IPS/BAHASA))
No
Standar Kompetensi Lulusan
Indikator
1
Memahami isi pokok al-Qur’an, fungsi, dan bukti-bukti kemurniannya
  • Menentukan pengertian al-Qur’an
  • Menentukan bukti keotentikan Al-qur’an
  • Menentukan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran Al-qur’an
  • Menentukan kandungan Al-Qur’an yang terkait dengan isi pokok ajaran Al-Qur’an
  • Menentukan fungsi Al-Qur’an
2
Memahami istilah-istilah hadis, fungsi hadis terhadap al-Qur'an, pembagian hadis ditinjau dari segi kuantitas dan kualitasnya
  • Menentukan pengertian hadis, sunnah,khabar, atsar dan hadis qudsi.
  • Menentukan pengertian sanad, matan dan rawi
  • Menentukan fungsi hadis terhadap al-Qur'an
  • Menentukan contoh fungsi hadis terhadap al-Qur’an.
  • Menjelaskan pembagian hadis dari segi kuantitasnya.
  • Menjelaskan pembagian hadis dari segi kualitasnya
3
 Memahami dan mengamalkan ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang manusia dan tanggung jawabnya di muka bumi dan demokrasi
  • Menentukan kandungan ayat tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi
  • Menentukan contoh perilaku sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi seperti terkandung dalam ayat Al-qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi
  • Menentukan makna ayat al-Qur'an tentang demokrasi
  • Menjelaskan kandungan ayat dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah
  • Menentukan makna ayat dan hadis tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
  • Mengidentifikasikan macam- macam nikmat Allah dan cara mensyukurinya
  • Menjelaskan kandungan ayat tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup.
  • Menentukan contoh perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup
  • Menentukan kandungan ayat dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa
  • Mengidentifikasi perilaku orang – orang yang mengamalkan ayat dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa
  • Menentukan contoh perilaku orang yang mengamalkan ayat berkompetisi dalam kebaikan.
  • Menyebutkan hikmah perilaku berkompetisi dalam kebaikan.
  • Menentukan kandungan ayat dan hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar.
  • Menentukan contoh perilaku orang yang tabah dan sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan
4
Memahami dan mengamalkan ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Menjelaskan kandungan ayat dan hadtis tentang kewajiban berdakwah.
  • Menentukan makna ayat dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
  • Menentukan kandungan ayat dan hadis tentang berlaku adil dan jujur.
  • Menentukan contoh perilaku adil dan jujur dalam perkataan dan perbuatan
  • Menentukan makna ayat dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan.
  • Menentukan contoh perilaku bertoleransi dan beretika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan makna ayat dan hadis tentang etos kerja
  • Menjelaskan kandungan ayatdan hadis tentang etos kerja
  • Menentukan contoh perilaku orang yang mengamalkan ayat dan hadis tentang etos kerja
  • Menjelaskan kandungan ayat dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.
  • Menentukan contoh perilaku orang yang mengamalkan ayat dan hadits tentang makanan yang halal dan baik.
  • Menentukan makanan yang halal dan baik seperti terkandung dalam ayat dan hadits tentang makanan yang halal dan baik.
  • Menentukan kandungan ayat dan hadis tentang makanan yang halal dan baik dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan makna ayat dan hadits tentang ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Menentukan kandungan ayat dan hadits tentang ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Menentukan contoh perilaku orang yang
  • mengamalkan ayat dan hadits tentang ilmu pengetahuan dan teknologi




 Untuk mendapat Kisi-Kisi Soal Al-Qur’an-Hadis, Kisi-kisi Soal Aqidah Akhlak, Kisi-kisi Soal Bahasa Arab, Kisi-kisi soal Fiqih, Kisi-kisi Soal Sejarah Kebudayaan Islam Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional  (UAMBN)  MI, MTs dan MA Tahun Pelajaran 2012/2013 secara lengkap dapat di download dengan cara MENGKLIK LINK DIBAWAH INI:
 
 
Untuk siswa Sekolah dasar dapat juga mendowload kisi-kisi USBN Pendidikan Agama Islam Melalui Link Dibawah INI : 

Baca Juga Artikel Pendidikan Lainnya :

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.