6 Lagu Lady Gaga yang Disensor di Malaysia



Hingga saat ini, Polda Metro Jaya tetap kukuh pada keputusannya untuk tidak mengeluarkan izin konser penyanyi asal Amerika Serikat, Lady Gaga. Meski promotor Big Daddy menawarkan sejumlah kompromi busana Lady Gaga agar konser tetap dapat terselenggara. Presiden Direktur Big Daddy Michael Rusli mengatakan perusahaannya telah berkoordinasi dengan manajemen Lady Gaga untuk mengubah penampilan penyanyi itu. Pendapat politikus Senayan, pejabat, dan tokoh masyarakat pun terbelah. Ada yang mendukung dan menolak konser.

Gaga sedianya menggelar pertunjukan di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 3 Juni 2012. Ia ditentang oleh sejumlah ormas, pejabat, dan tokoh masyarakat karena penampilannya yang dianggap vulgar, sesat, dan tidak sesuai dengan budaya Timur. Fan Gaga membela idola yang mereka panggil ''Mother Monster'' ini, dengan membuat hashtag #IndonesiaSaveGaga di Twitter.

Pada 2011, Malaysia pun pernah melarang konser Lady Gaga lantaran lagu Born This Way dianggap mendukung homoseksualitas. Meski lagu-lagu Gaga masih bisa dinikmati fan di Negeri Jiran, tetap tak luput dari sensor.

Lagu apa saja yang kena tebas lembaga sensor Malaysia?

1. Bad Romance
Kata "b***h" dalam lirik lagu itu kena sensor. 

2. Telephone
Kata "s**t" dalam lirik lagu yang dinyanyikan duet dengan penyanyi Beyonce ini pun kena sensor.

3. Alejandro
Kata "Jameson" disensor dan video klipnya dilarang ditayangkan di Malaysia karena dianggap menyinggung agama tertentu.

4. Born This Way
Kalimat dalam lirik lagu ini, yaitu "no matter gay straight or bi, lesbian transgendered life" disingkirkan dan diganti dengan pengulangan kata "no matter" sebanyak tiga kali. Video klipnya juga dilarang tayang di Malaysia. Lantaran tembang ini pula, Gaga dilarang masuk dan menggelar konser di Malaysia.

5. You and I
Bagian dari video musik yang secara eksplisit mengatakan "whiskey" dan "Jesus" disensor.

6. Marry The Night
Beberapa adegan dalam video musik lagu ini disensor karena menayangkan adegan telanjang. 



via Tempo

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.