Analisis Bedah Kisi-Kisi UN 2013 Matematika SMP

Berikut ini merupakan Bedah SKL Kisi-Kisi UN 2013 untuk mata pelajaran Matematika SMP yang telah dilakukan oleh Marsudi Prahoro, S.Pd yang diunggah dalam blognya mgmpmatsatapmalang.wordpress.com. Dalam bedah SKL ini diberikan beberapa prediksi indikator soal alternatif untuk setiap indikator UN.

Sehingga kita dapat merumuskan soal prediksi yang sesuai dengan kisi-kisi UN 2013 khususnya untuk Matematika SMP.

Nah, berikut ini merupakan kisi-kisi UN Matematika SMP 2013 plus dengan prediksi butir soal maupun indikator soal yang akan keluar dan muncul dalam UN 2013 di bulan April - Mei nanti...

No
KOMPETENSI
UN 2013
INDIKATOR UN 2013
PREDIKSI INDIKATOR SOAL ALTERNATIF
1.
Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, bilangan akar, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah..
1.1.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi di bilangan.
1.       Konsep operasi bilangan campuran,
2.       Aplikasi operasi bilangan di kehidupan sehari-hari
1.2.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
1.       Perbandingan senilai
2.       Perbandingan berbalik nilai
3.       Aplikasi perbandingan dalam kehidupan sehari-hari
1.3.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar
1.       Mengubah bentuk akar ke pangkat pecahan
2.       Mengubah bentuk pangkat peahan ke bentuk akar
3.       Menentukan hasil operasi penjumlahan bilangan beentuk akar atau bilangan pangkat pecahan
4.       Menentukan hasil operasi pengurangan bilangan bentuk akar atau bilangan pangkat pecahan
5.       Menentukan hasil operasi perkalian bilangan bentuk akar atau bilangan pangkat pecahan
6.       Menentukan hasil operasi pembagian bilangan bentuk akar atau bilangan pangkat pecahan
1.4.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana
1.       Menentukan besarnya angsuran peer bulan
2.       Meneentukan waktu/lama tabungan
3.       Mentukan besarnya bunga per tahun
4.       Menentukan besarnya tabungan awal
1.5.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
1.       Menentukan suku ke-n (Un), jika unsur-unsur yang diperlukan dari barisan aritmatika diketahui
2.       Menentukan suku ke-n (Un), jika unsur-unsur yang diperlukan dari barisan geometri  diketahui
3.       Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan baisan aritmatika
4.       Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan baisan geometri
5.       Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmatika, jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui
6.       Menentukan jumlah n suku pertama deret geometri, jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui
7.       Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan deret aritmatika
8.       Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan deret aritmatika
2.
Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linier, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
2.1.     Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
1.       Menentukan faktor persekutuan
2.       Menentukan faktor selisih dua kuterdapatt beentuk ax2 + by2
3.       Menentukan faktor dari  ax2 + bx + c
2.2.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.
1.       Menentukan penyelesaian dari  persamaan satu variabel
2.       Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan satu variabel
3.       Menentukan penyelesaian dari pertidaksamaan satu variabel
4.       Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel
2.3.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan
1.       Operasi himpunan : irisan, gabungan, komplemen atau pengurangan dua himpunan
2.       Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi dua himpunan
2.4.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi.

1.       Menentukan domain, kodomain dan range
2.       Menunjukan konsep fungsi
3.       Mentukan grafik fungsi
2.5.     Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya.
1.       Mentukan gradien garis, jika persamaan garisnya diketahui
2.       Menentukan gradien garis, jika gafiknya diketahui
3.       Menentukan persamaan garis yang berpotongan tegak lurus dengan garis lain yang persamaannya diketahui
4.        Menentukan persamaan garis yang sejajar  dengan garis lain yang persamaannya diketahui
2.6.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.
1.       Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linier dua variabel
2.       Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel
3.
Memahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur bangun datar, serta konsep hubungan antarsudut dan/atau garis, serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah.







3.1.     Menyelesaikan masalah menggunakan teorema Pythagoras.
1.       Menghitung panjang salah satu sisi segitiga siku-siku
2.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema pythagoras
3.2.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
1.       Menentukan luas dari gambar gabungan dua bangun datar
2.       Menentukan luas daerah dari dua bangun datar yang menumpuk
3.3.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
1.       Menghitung keliling dari gambar gabungan dua bangun datar
2.       Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar
3.4.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi
1.       Menentukan sisi atau sudut yang bersesuaian dari dua bangun yang sebangun
2.       Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan kesebangunan
3.       Menentukan syarat-syarat dari dua bangun yang kongruen
4.       Menentukan panjang salah satu sisi dari dua bangun yang kongruen
3.5.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau pelurus).
1.       Menentukan besar salah satu sudut dari dua sudut yang saling berpenyiku jika salah satu sudutnya diketahui
2.       Menentukan besar sudut-sudut dari dua sudut yang saling berpenyiku jika perbandingan besar sudutnya diketahui
3.       Menentukan besar salah satu sudut dari dua sudut yang saling berpelurus jika salah satu sudutnya diketahui
4.       Menentukan besar sudut-sudut dari dua sudut yang saling berpelurus jika perbandingan besar sudutnya diketahui
3.6.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa di segitiga.
1.       Menunjukkan garis berat, garis tinggi, garis bagi atau garis sumbu
2.       Menghitung panjang garis tinggi dari segitiga jika diketahui sisi alas dan luasnya diketahui
3.       Menghitung panjang garis berat dari segitiga jika panjang ketiga sisinya diketahui
3.7.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
1.       Menghitung panjang busur jika diketahui besar sudut pusat dan jari-jari / diameternya
2.       Menghitung luas juring jika diketahui sudut pusat dan jari-jari/diameternya
3.       Menghitung panjang busur jika diketahui besar dua sudut pusatnya dan panjang salah satu busurnya
4.       Menghitung luas juring jika diketahui besar dua sudut pusatnya dan salah satu luas juringnya
5.       Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam
6.       Menghitung panjang garis singgung persekutuan luas
Memahami sifat dan unsur bangun ruang, dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.

3.8.     Menentukan unsur-unsur di bangun ruang.  .
1.       Menentukan unsur-unsur dari bangun ruang sisi datar
2.       Menentukan unsur-unsur dari bangun ruang sisi lengkung
3.9.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
1.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka bangun ruang sisi datar
2.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jaring-jaring bangun  ruang sisi datar
3.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka bangun ruang sisi lengkung
4.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jaring-jaring bangun ruang sisi lngkung
3.10. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang
1.       Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi datar
2.       Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi lengkung

3.11. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.
1.       Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang sisi datar
2.       Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang sisi lengkung
4.
Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
5.1.     Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. 
1.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mean, modus atau median dari sebuah data
2.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mean, modus atau median dari sebuah data di tabel frekuensi
3.       Menafsirkan data di tabel frekuensi
4.       Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan mean, modus atau median dari sebuah data
5.2.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.
1.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pembacaan diagram batang
2.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pembacaan diagram garis
3.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pembacaan diagram lingkaran
5.
Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
5.1.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
1.       Menentukan peluang dari suatu kejadian
2.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang dari suatu kejadian

Untuk rangkuman materi, prediksi soal, pembahasan UN tahun-tahun sebelumnya dan berbagai mata pelajaran lainnya serta rumus cepat SMART SOLUTION silahkan download di bagian kanan blog ini.....

Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.