Adakah Air Di Planet Markurius dan Venus ?

Adakah air di planet markurius dan venus ? | Air merupakan sumber kehidupan bagi manusia, hewan dan tumbuhan. Dengan demikian, air telah menjadi sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup yang ada di  dunia. namun apakah di luar bumi terdapat air ?

Merkurius dalam sister tata surya kita merupakan planet yang letaknya paling dekat dengan matahari. disamping planet terdekat, merkurius juga merupakan planet yang paling kecil dan bercahaya sangat terang.

Akibat jaraknya yang sangat dekat dengan matahari, maka suhu permukaan merkurius sangat panas. gaya tarik grafitasi merkurius yang lemah menyebabkan planet ini tidak mampu mengingat gas. oleh karena itu, tidak terdapat gas apapun di merkurius apalagi gas pembentuk air. Begitu juga dengan venus. venus adalah planet yang hanya terdiri dari tanah-tanah kering dan berdebu. di venus juga tidak ditemukan gas hidrogen pembetuk air maupun adanya kehidupan. gas yang terdapat di venus adalah karbondioksida yang jumllahnya hampir 90% dari seluruh unsur yang ada di planet venus.

kemudian kita cari tahu juga apakah di planet Mars dan planet lainnya juga terdapat kandungan air ?
Di planet mars, sejak dahulu dicurigai terdapat kehidupan. daerah kutub mars mempunyai suhu -100 derajat celcius. jadi, daerah ini sangat dingin sehingga diperkirakan daerah kutubnya diselimuti semacam es, yang mungkin sewaktu waktu dapat mencair. bahkan, penelitian baru baru ini mempetlhatkan bukti bukti adanya air di planet mars.  pesawat yang dilengkapi dengan kamera mengirim foto foto permukaan mars yang menunjukan adanya bekas bekas aliran air sungai. para ahli memperkirakan di planet ini terdapat kehidupan tingkat rendah, yaitu kehidupan makhluk hidup atau tumbuh tumbuhan, seperti lumut lumutan dan sejenisnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.