Proses Terjadinya Gletser

Proses terjadinya gletser. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan gletser dan bagaimana proses terjadi gletser?. Gletser merupakan sebuah bongkahan es besar yang terbentuk diatas daratan melalui proses pengkristalan salju. Proses pengkristalan ulang salju tersebut memakan waktu yang sangat lama.

Nah sekarang bagaimana proses terjadinya gletser ?, sebagian orang mengira bahwa gletser hanya ada di daerah kutub. sebenarnya gletser di daerah pegunungan tinggi di seluruh benua, kecuali benua australia. terjadinya gletser akibat adanya proses sublimasi dan pembekuan salju. salju yang semula berbentuk butiran akan lepas menjadi padat dan akhirnya membentuk semacam bola salju. jika salju yang turun lebih banyak yang membeku daripada mencair atau menguap maka terbentuklah gletser. meskipun gletser hanya menutupi sekitar 11% ( baca sebelas persen ) permukaan bumi, namun di dalam gletser tersimpan kandungan air bersih untuk kebutuhan hidup manusia.

proses terjadinya gletser
Gletser

" Tahukah kamu bahwa gletser bergerak sangat lambat yaitu, dengan kecepatan kurang dari 1 meter tiap harinya. "

Tipe gletser dibagi menjadi dua tipe utama yaitu, gletser gunung dan gletser benua. gletser gunung bisa menyebabkan erosi yang besar . gerakannya yang lambat melalui kaki gunung menyebabkan terbentuknya celah yang dalam.

gletser benua dikenal juga sebagai lembaran es atau tutupan es. hanya terdapat dua lembaran es besar di dunia. salah satunya ada di benua antartika dan sebagian besar lainnya ada di tanah hijau ( green land ). di perkirakan sekitar 90 % gletser di dunia berada di kedua wilayah itu. sisanya tersebar ke wilayah daerah pegunungan tinggi seperti di pegungungan tinggi alpen, himalaya, dan kauskus.

" Tahukah kamu gletser juga ternyata terdapat di daerah tropis, yaitu di puncak gunung jaya wijaya di pulau papua indonesia "

Nah sekaran sudah tahu kan bagaimana proses terjadinya gletser? jika sudah tahu kasih tau temannya ya biar ilmu kamu bertambah. semoga artikel tentang gletser ini bisa menambah wawasan kamu sehingga kamu menjadi anak yang pintar dan mempunyai wawasan yang luas dan sampai jumpa pada seri ilmu pengetahuan lainnya. salam.

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.