Mystery Triangle Hole (Misteri Lubang Segitiga)

Perhatikan gambar di atas! Gambar puzzle (teka-teki) tersebut dinamakan Mystery Triangle Hole (Misteri Lubang Segitiga). Dari manakah berasal lubang misterius pada gambar kedua (di bawah)?


Mungkin Anda sudah tahu jawabannya. Bagi yang belum tahu jawabannya dan penasaran ingin tahun jawabnnya, Silakan simak jawabannya di bawah ini!

Klik tombol di sebelah

Perhatikan gambar di atas. Dari manakah persegi panjang yang berwarna putih? 
Bangun bagian atas merupakan segi emapat cekung, sedangkan bangun bagian bawah merupakan segi empat cembung. Segi empat bagian bawah (cembung) lebih luas dari pada segi empat bagian atas (cekung). Selisih luasnya adalah 2 satuan. Selisih luas itulah berupa persegi panjang yang berwarna putih.

Sekarang perhatikan gambar pada Mystery Triangle Hole! Gambar bagian atas sebenarnya bukan seitiga, melainkan segi emapat cekung, sedangkan gambar bagian bawah merupakan segi empat cembung. Selisih luasnya adalah 1 satuan. Selisih luas itulah berupa lubang (bebentuk persegi) yang berwarna putih. 

Bukti Bahwa Kedua Bangun Bukan Segitiga
Perhatikan lagi gambar pada Mystery Triangle Hole! segitiga warna merah dan segitiga warna hijau kemiringannya  (gradiennya) tidak sama. Kemiringan segitiga merah = 3/8 = 0,375 sedangkan kemiringan segitiga hijau = 2/5 = 0,4. Oleh karena itu sisi miring segitiga warna merah dan segitiga warna hijau (bila disambung) bukan merupakan garis lurus, sehingga bangun yang terbentuk bukan segitiga, melainkan segiempat. 

Masih belum yakin bahwa kedua bangun itu bukan segitiga? Buka aplikasi pengolah gambar (misal photoshop). Tariklah garis sehingga tampak seperti gambar di bawah ini:
Dari gambar di atas jelas bahwa sisi miring pada segitiga merah dan sisi miring pada segitiga hijau tidak terletak pada satu garis, sehingga bangun bagian atas merupakan segi empat cekung dan bangun bagian bawah merupakan segi empat cembung, yang tentu luasnya tidak sama.

Jawaban puzzle Mystery Triangle Hole juga dapat dibaca melalui tautan berikut:
http://www.physics.iisc.ernet.in/~murthy/extra/archive/puzzarchive.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.