10 Cara Kreatif dalam Mengajar Matematika secara Efektif

10 Cara Kreatif dalam Mengajar Matematika secara Efektif ~ Mengajarkan matematika tidaklah semudah yang kita bayangkan. Selain karena ilmu hitung matematika yang abstrak, pandangan keliru dari para siswa tentang matematika pun sangat berpengaruh. Misalnya, tidak sedikit siswa yang merasa takut dengan matematika. Sehingga setiap pelajaran matematika, siswa tersebut sering dilanda stress.

Untuk itulah diperlukan peran aktif dan kreatif seorang guru matematika dalam menghadapi hal tersebut, berikut ini beberapa aktivitas yang dapat Anda (guru) lakukan dalam mengajar matematika dikelas 1-3 SD seperti yang telah dilansir oleh istiyanto.

1. Mengajarlah Matematika dengan dramatisasi

Ada baiknya guru bisa mendramatisasi sebuah permasalahan. Misalnya, anak-anak disuruh merasakan berada dalam sebuah bola atau prisma, suruh mereka untuk merasakan permukaan, tepi dan sudut-sudutnya. Untuk mendramatisasi masalah aritmatika misalnya, suruh anak untuk berpura-pura bagaimana jika ia melompat ke dalam kolam, kemudian melompat lagi dan satu lagi. Berapakah jumlah keseluruhan lompatan mereka.

2. Gunakan bagian tubuh mereka

Beritahu anak-anak untuk menunjukkan berapa banyak kaki, mulut, dan sebagainya yang mereka miliki. Ketika diminta untuk menunjukkan jumlah mereka “tiga tangan,” pasti mereka akan menanggapi protes keras, dan kemudian memberitahu berapa banyak yang mereka memiliki dan menunjukkan (“membuktikan”) itu. Kemudian mengajak anak-anak untuk menunjukkan angka dengan jari, misalnya dimulai dengan, “Berapa umurmu?” Untuk menampilkan angka dalam cara yang berbeda, misalnya, lima sebagai tiga di satu sisi dan dua di sisi lain.

3. Ajaklah anak-anak bermain

Libatkan anak-anak dalam bermain secara bersamaan yang memungkinkan mereka untuk melakukan perhitungan matematika dengan berbagai cara, termasuk pengurutan, menciptakan bentuk simetris dan kesebangunan, membuat pola, dan sebagainya. Kemudian perkenalkan mereka dengan permainan Toko Dinosaurus. Suruhlah anak-anak berpura-pura membeli dan menjual mainan dinosaurus atau benda kecil lainnya. Hal ini berarti mereka telah belajar berhitung, aritmatika, dan konsep uang.

4. Gunakan mainan anak-anak.

Dorong anak-anak untuk menggunakan permainan dan bertindak misalnya seperti tiga mobil di jalan, atau, dua monyet di atas pohon dan dua di tanah.

5. Gunakan buku cerita anak-anak.

Banyak buku cerita anak-anak yang berkaitan secara tidak langsung dengan Matematika tetapi memiliki cerita yang baik juga.

6. Gunakan pengalaman anak-anak.

Cobalah untuk menggali pengalaman anak-anak dan kembangkanlah agar pengalaman tersebut dapat dihubungkan dengan konsep Matematika yang sedang dibahas.

7.Gunakan kreativitas alami dari anak-anak.

Ide-ide anak-anak berkaitan dengan matematika harus didiskusikan dengan semua anak. Misalnya “percakapan matematika” antara dua anak laki-laki, masing-masing 6 tahun: “Pikirkan jumlah terbesar Anda dapat sekarang tambahkan lima lalu dan seterusnya.

8. Gunakan kemampuan anak memecahkan masalah Matematika.

Mintalah anak-anak untuk menjelaskan bagaimana mereka mengetahui masalah misalnya, berapa banyak snack yang mereka butuhkan jika ada teman lain yang bergabung dengan kelompok. Dorong mereka untuk menggunakan jari-jari mereka sendiri atau memanipulasi apapun yang mungkin berguna untuk pemecahan masalah.

9. Gunakan berbagai strategi.

Bawalah konsep Matematika kemanapun Anda pergi di kelas Anda, dari menghitung anak-anak pada pertemuan pagi, untuk mengatur meja, untuk meminta anak-anak untuk membersihkan nomor tertentu atau bentuk barang. Juga, menggunakan kurikulum berbasis penelitian untuk menggabungkan serangkaian kegiatan belajar diurutkan ke dalam program Anda.

10. Gunakan teknologi

Cobalah kamera digital untuk merekam karya matematika anak-anak, dalam bermain mereka dan dalam kegiatan yang direncanakan, dan kemudian menggunakan foto untuk membantu diskusi dan refleksi dengan anak-anak, perencanaan kurikulum, dan komunikasi dengan orang tua. Gunakan komputer secara bijaksana.

Selain 10 cara diatas, gunakan pengamatan, diskusi dengan anak-anak, dan kegiatan kelompok kecil untuk belajar tentang berpikir matematika anak-anak dan untuk membuat keputusan tentang apa sehingga setiap anak mungkin dapat belajar dari pengalaman mereka. Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.