Tips dan Trik Pembelajaran yang Menyenangkan


Sebelum menjelaskan tips dan trik untuk membuat kegiatan belajar mengajar menjadi efektif dan menyenangkan maka terlebih dahulu perlu dipahami apa itu gaya belajar. Dalam belajar, setiap orang mempunyai gayanya masing-masing.

Gaya belajar seseorang adalah cara ia memahami dan memproses informasi baru, memperoleh pengalaman belajar baru, dan/atau memecahkan suatu masalah.

Seorang guru yang efektif dalam memberdayakan siswanya dalam belajar adalah seorang motivator, pakar, dan sekaligus pelatih, serta tahu kapan ia harus membiarkan siswanya belajar sendiri.
Maka, agar kegiatan belajar itu menjadi menyenangkan dan lebih menarik, terlebih dahulu guru haruslah menyenangi materinya, mempunyai semangat atau antusiasme yang tinggi dalam pembelajaran, dan meluangkan waktu yang cukup untuk menyiapkan pembelajaran. Lebih-lebih untuk pelajaran matematika yang sudah terlanjur dianggap sulit dan menjadi momok; perlu dirancang strategi pembelajaran matematika yang efektif dan sistematis.
Seorang guru yang baik tidak hanya mengajar, tetapi menginspirasi siswanya.
Tidak hanya bertanya apa dan bagaimana, tetapi juga menggali mengapa dan bagaimana jika. 
Bukan hanya memberikan materi pelajaran, tetapi juga menumbuhkan minat dan kemampuan untuk belajar. Ia juga mengajarkan siswa untuk menghargai pengetahuan, dan bagaimana memainkan peran dalam pembangunan manusia dan pemahaman tentang kehidupan pada umumnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.