Smart Solution UN Fisika SMA 2013 (SKL 3.2 Gas Ideal, Proses Termodinamika dan Penerapannya)

SKL 3 - Indikator 3.2 Gas Ideal, Proses Termodinamika dan Penerapannya

Pembahasan cara cepat SMART SOLUTION dan TRIK SUPERKILAT kali ini sudah masuk di SKL 3 indikator 3.2 tentang gas ideal dan termodinamika. Hm... Materi tersebut tentunya sudah adik-adik pelajari saat menginjak kelas XI semester genap.

Inti dari indikator ini merupakan memahami bagaimana persamaan gas ideal yang terdapat di berbagai proses termodinamika, serta penerapannya.

Persamaan gas ideal sendiri dinyatakan dalam bentuk PV=nRT atau PV=NkT. Dari persamaan tersebut terdapat tiga faktor yang mempengaruhi yakni, tekanan gas ideal (P), volume gas ideal (V), dan suhu gas ideal (T). Ketiga variabel tersebut saling mempengaruhi satu sama lain.

Hubungan ketiga variabel dapat dinyatakan sebagai PV/T=konstan. Nah, disini adik-adik dituntut mampu memahami arti kesebandingan Matematis ketiga variabel. Kemudian, akibat yang ditimbulkan ketika salah satu atau beberapa variabel mengalami perubahan nilai.

Proses termodinamika secara garis besar terdapat tiga, yakni proses isobarik (tekanan tetap), isokhorik (volume tetap) dan isotermik (suhu tetap). Masing-masing memberikan pengaruhnya sendiri di keterdapatan gas ideal.

Konsep dari persamaan gas ideal di proses termodinamika dan penerapannya tersebut dapat adik-adik pelajari di file yang akan disertakan juga di posting blog berbagi dan study kumpulan soal matematika kali ini.....

Nah, di modul smart solution Fisika kali ini kita akan membahas soal-soal terkait dengan beberapa cara cepat yang berlandaskan konsep dasar Fisika.

Modul rangkuman dan pembahasan materi smart solution kali ini berisi materi SKL 3 indikator 3.2 antara lain berisi materi tentang:
- Persamaan umum gas ideal
- Hukum Boyle-Gay Lussac
- Energi kinetik gas ideal
- Kecepatan efektif gas ideal
- Proses termodinamika
- Hubungan kalor, usaha luar, dan energi dalam

File smart solution ini mencakup soal-soal Ujian Nasional di tahun-tahun terdahulu disertai dengan pembahasan cara cepat trik superkilat dan smart solution.

Bagi adik-adik dan para pengajar yang memerlukan file Smart Solution sebagai bahan pendamping untuk menghterdapatpi Soal Ujian Nasional Fisika SMA 2013 dapat didownload di link di bawah ini:

Smart Solution UN Fisika SMA 2013 (SKL 3 - Indikator 3.2 Gas Ideal, Proses Termodinamika dan Penerapannya)

Bila adik-adik ingin melihatnya langsung di blog ini, berikut ini merupakan tampilan file Smart Solution UN Fisika SMA 2013 (SKL 3 - Indikator 3.2 Gas Ideal, Proses Termodinamika dan Penerapannya) yang dapat adik-adik nikmati....



Untuk SKL SKL berikutnya menyusul untuk segera diupload.

Untuk trik dan cara cepat pelajaran lain silahkan dicari di kolom pencarian di atas atau di arsip blog di bagian kanan blog berbagi dan study ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.