Tipe Ideal Seorang Pendidik

Tipe ideal Seorang Pendidik | apa saja sifat yang harus disandang oleh para pendidik, baik meliputi ayah, ibu dan guru ? ada beberapa sifat dasar yang mesti dipenuhi oleh setiap pendidik yang bersentuhan langsung dengan pendidikan dan pengajaran anak. diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Bijaksana dan sabar
Bijaksana dan sabar merupakan sifat yang dicintai oleh Alloh SWT,  dan memiliki pengaruh besar dalam bidang pendidikan. 

2. lembut dan lunak
Imam Muslim meriwayatkan dari Aisyah , ia berkata Rasululloh SAW, bersabda: " Sesungguhnya Alloh Maha lembut dan mencintai kelemah lembutan, Dia memberikan kepada kelembutan apa yang tidak diberikan kepada kekerasan dan apa yang tidak diberikan kepada sesuatu yang lain."

3. Kasih Sayang
Kasih sayang merupakan sifat yang disandang pendidik yang sukses. kasih sayang kedua orang tua kepada anaknya bersifat lebih khusus. kasih sayang terhadap anak merupakan salah satu pondasi perkembangannya, serta pilar pertumbuhan kejiwaan dan sosialnya secara kuat dan normal. Apabila anak kehilangan cinta kasih, ia akan tumbuh secara menyimpang di tengah masyarakat, tidak mampu bekerjasama dengan individu individu masyarakat dan membaur di tengahnya.

4. Terjauh dari kemarahan
Diantara sifat pendidik yang sukses, baik ibu, ayah, dan guru atau siapa saja yang menempatai posisi tersebut adalah terjauh dari kemarahan. Sebab, kemarahan banyak mengandung efek negatif di dalam proses pendidikan.

5. Lunak, ramah dan memberi kemudahan sebatas yang diperbolehkan oleh syari'at.

karakter pendidik yang sukses
Tipe Idel Seorang Pendidik

6. Memilih yang termudah dari dua perkara, selama tidak mengandung dosa
yang dimaksud dua perkara hendaknya perkara mubah dan syar'i. Sehingga, seorang pendidik dalam interkasinya dengan anak anak dan murid murid memilih metode paling baik, waktu paling sesuai, kata kata dan ungkapan paling tepat, serta pengarahan paling lembut, agar ia bisa sampai kepada akal mereka dengan upaya yang paling minim dan pintas.

7. Bersikap adil dan pertengahan dalam mengarahkan, mendidik dan berinteraksi, karena sikap ekstrim, berlebih lebihan dan keras tidak memiliki tempat di dalam agama islam.

8. Sederhana
Diantara sifat pendidika yang sukses adalah sederhana dalam menyampaikan nasihat, sedikit beribicara dan tidak berpanjang lebar. para sahabat tahu karakter ini dari perbuatan Rasululloh SAW, sebagai tauladan bagi kaum muslimin.

9. Memberi Teladan
Selanjutnya adalah karekater pendidik yang sukses adalah memberi teladan yang baik dan tidak membuat kontradiksi antara perbuatan dan perkataan.

Itulah beberapa karakter pokok terpenting yang seyogyanya dimiliki oleh seorang pendidik muslim. Tidak seseorang pendidik menyandang karakter karakter tersebut, kecuali ia menjadi teladan baik yang dapat membentuk orang orang besar dan mencetak para pahlawan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.