Daftar Gadget Terbaru dan Terbaik 2013


sumber-informasi-kita - Setiap awal tahun adalah momen tepat bagi para produsen gadget untuk meluncurkan produk terbaru dan terbaiknya yang menggunakan teknologi super canggih terkini.

Mulai dari android, smartphone, tablet, konsol gamehingga sistem operasi komputer tercanggih akan dirilis  termasuk di awal tahun 2013 ini.

1. iPhone 5

Smartphone terbaru besutan Apple, yang kemungkinan besar akan diberi nama iPhone 5, tak henti-hentinya diterpa rumor dan terus berhembus terutama berita-berita di internet.  Desainnya disebut-sebut akan lebih ramping dan memanjang.

Rumor yang paling disorot saat ini adalah ukuran layar dari iPhone 5. Apple dikabarkan akan mengubah ukuran layarnya menjadi 4 inci dengan aspek rasio 16:9. Seperti diketahui, sejak iPhone generasi pertama dirilis pada 2007, iPhone selalu menggunakan layar 3,5 inci.

Rumor yang tak kalah heboh adalah soal dock konektor. Apple dikabarkan akan memperkecil ukuran dock konektor iPhone 5 dari sebelumnya berukuran 30 pin, menjadi 19 pin. iPhone 5 diprediksi meluncur pada Januari 2013.

2. iPad Mini

Masih dari perangkat mobile Apple. Sejak 2011, beredar kabar bahwa Apple sedang merancang komputer tablet berukuran antara 7 dan 8 inci. Tablet ini akan diberi nama iPad Mini.

Ia akan dibanderol dengan harga relatif terjangkau agar dapat bersaing dengan tablet berukuran kecil yang sudah beredar di pasar. Seperti iPhone 5, iPad Mini juga akan menggunakan dock konektor 19 pin. iPad Mini dikabarkan meluncur berbarengan dengan iPhone 5.

3. Tablet Microsoft Surface

Setelah lama merancang sistem operasi Windows 8 untuk perangkat tablet, Microsoft pun memilih untuk membuat tablet sendiri yang bernama Surface.

Surface akan dirilis dalam dua versi, yakni yang menggunakan prosesor berarsitektur X86 dari Intel, dan prosesor berarsitektur ARM. Khusus perangkat yang menggunakan prosesor ARM, sistem operasi yang dijalankan adalah Windows 8 RT (RunTime). Surface dirilis pada 26 Oktober 2012, bersamaan dengan perilisan sistem operasi Windows 8.

4. Nintendo Wii U

Salah satu gadget yang patut dinanti pada akhir tahun ini adalah konsol game Nintendo Wii U. Ia akan melanjutkan sukses konsol Nintendo Wii.

Nintendo Wii U dilengkapi dengan pengontrol layar sentuh yang dijuluki Wii U Gamepad. Karena Wii U Gamepad memiliki layar, pengontrol ini memungkinkan pengguna untuk terus bermain game sekalipun televisi dimatikan. Konsol game ini mulai dipasarkan pada Januari 2013.

5. Gadget Berbasis Windows 8

Microsoft telah selesai mengembangkan sistem operasi komputer terbarunya yaitu Windows 8.

Dirilis pada 26 Oktober mendatang, sistem operasi ini akan dirilis dalam empat versi utama, yakni Windows 8, Windows 8 Pro untuk kalangan profesional, Windows 8 Enterprise yang mengincar segmen korporat, dan Windows 8 RT untuk perangkat tablet dengan prosesor berarsitektur ARM.

Windows 8 mengalami perubahan signifikan dari sisi tampilan, mengedepankan unsur tampilan berpetak-petak yang warna-warni. Tampilan baru ini akan sedikit mengubah paradigma penggunanya tentang cara menggunakan komputer berbasis Windows 8. Nah, setelah Windows 8 hadir, diharapkan bakal bermunculan perangkat yang memanfaatkan sistem operasi ini dari produsen perangkat yang biasa menghadirkan sistem berbasis Windows.

6. Samsung Galaxy Note 10.1

Samsung telah memperkenalkan komputer tablet terbarunya Galaxy Note 10.1. Tablet ini dipasarkan di Indonesia mulai 1 September mendatang dengan harga Rp 6,9 juta (untuk model kapasitas memori internal 16 GB, jaringan 3G + Wi-Fi).

7. Smartphone Quad Core

Galaxy Note 10.1 cocok untuk kalangan profesional, desainer, atau untuk mereka yang punya hobi menggambar karena dibekali pena stylus bernama S Pen. Tablet ini punya fitur multi-screen yang dapat membuka dua aplikasi secara bersamaan dalam satu tampilan.

Dapur pacunya diperkuat oleh prosesor quad core kecepatan 1,4 GHz, RAM 2GB, resolusi layar 1280 x 800 pixel, dan berjalan dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Kamera belakangnya bersensor 5 MP dengan LED flash dan kamera depan 1,9 MP.

Awal tahun 2013 diprediksi akan menjadi tahun ketika para vendor besar berlomba merilis smartphone dengan prosesor quad core. Ya, prosesor 4 otak akan menjadi standar untuk ponsel cerdas berbasis Android.

Di tengah tren ini, para vendor dituntut untuk membuat perangkat dengan performa dan kualitas grafis yang baik. Mereka juga harus melakukan riset dan pengembangan terhadap baterai agar smartphone-nya bisa bertahan lama, tetapi tetap mengedepankan unsur ramah lingkungan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.