Peran atau Manfaat Tumbuhan Bagi Makhluk Hidup Disekitarnya

Kompetensi : 
Memahami saling ketergantungan antarmakhluk hidup
Indikator   :  
Siswa dapat menentukan peran/manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup di sekitarnya
 
Dalam memenuhi kebutuhannya manusia membutuhkan tumbuhan. Tumbuhan dimanfaatkan manusia dengan memanfaatkan bagian akar, batang, daun, buah, dan bijinya.  Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu pemanfaatan tumbuhan tersebut tidak boleh mengganggu kelestarian  tumbuhan tersebut. Karena tumbuhan sangat dibutuhkan bagi makhluk hidup lainnya dan lingkungan sekitarnya.
Berikut ini peran atau manfaat tumbuhan bagi mahkluk hidup yang ada disekitarnya salah satunya adalah manusia adalah :
  1. Manfaat tumbuhan bagi mahkluk hidup lainya adalah sebagai  paru-paru dunia, tanaman sebagai elemen hijau, pada tumbuhan menghasilkan zat asam(O2) yang sangat diperlukan bagi mahkluk hidup untuk pernafasan.
  2. Tumbuhan menjadi pengatur lingkungan, vegetasi akan menimbulkan hawa lingkungan menjadi sejuk, nyaman dan segar.
  3. Pencipta lingkungan hidup (ekologis)
  4. Penyeimbangan alam, merupakan pembentuk tempat-tempat hidup alam bagi satwayang hidup disekitarnya.
  5. Tumbuhan sebagai Perlindungan terhadap kondisi fisik alami sekitarnya (angin kencang, terik matahri, gas dan debu-debu, kebisingan suara dan kendaran bermotor)
Dengan banyaknya manfaat tumbuhan hijau untuk makhluk hidup ini, di harap kita akan menjadikan tumbuhan hijau sebagai tumbuhan yang perlu di tanam secara menyeluruh agar tidak merusak sistem kerja kehidupan Makhluk hidup
Selain manfaat/peran tumbuhan bagi makhluk hidup yang ada disekitarnya seperti yang disebutkan diatas, manusia juga memanfaatkan tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berikut ini beberapa contoh pemanfaatan tumbuhan oleh manusia
 
Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia
Aprudin
  • Bahan makanan. Bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan antara lain batang, daun, bunga, buah, dan biji. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan batangya adalah : sagu, tebu, dan enau (aren). Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan daunnya : bayam, kangkung, melinjo, selada. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan bunganya : kol, kubis, turi. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya : jeruk, jambu, apel. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan bijinya : kacang, kedelai, jagung.

  • Bahan sandang. Bahan sandang yang berasal dari tumbuhan antara lain : katun terbuat dari kapas.

  • Bahan bangunan. Tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai bahan bangunan contohnya : jati, mahoni, angsana, dan lain-lain.
  • Bahan obat-obatan. Tumbuhan yang dimanfaatkan untuk bahan obat-obatan antara lain : Daun sirih untuk obat gatal-gatar, Akar alang-alang untuk mengobati panas dalam. Kulit batang kina untuk mengobati penyakit malaria. Buah mentimun untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bunga melati untuk menggobati demam. Daun kumis kucing untuk mengobati batu ginjal. Daun dadap untuk menurunkan panas. Daun kelor mengobati panas dan demam. Daun landep untuk mengobati rematik. Daun jinten untuk mengobati batuk, mules, dan sariawan. 
  • Penghasil minyak atsiri. Minyak atsiri dimanfaatkan untuk industri parfum, kosmetik, makanan atau minuman. Minyak atsiri dapat digunakan untuk pewangi dan penguat rasa makanan. Contoh tumbuhan penghasil minyak atsiri yaitu kayu putih dan serai.

  • Bahan baku industri. Contoh bahan baku industri yang berasal dari tumbuhan antara lain : Getah karet untuk membuat ban, getah pinus untuk membuat terpentin dalam industri cat. kelapa sawit digunakan untuk membuat minyak goreng.

  • Bahan pewarna alami. Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan untuk pewarna alami antara lain : kunyit sebagai pewarna kuning, suji dan pandan sebagai pewarna hijau, wortel sebagai pewarna jingga atau oranye, cabai sebagai pewarna merah.

  • Bahan penyedap makanan, contohnya lada, pala, cengkih, serai, jahe dan lain-lain
Masih banyak lagi manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia, oleh karena itu jagalah kelestarian tumbuhan demi kepentingan kita dan  lingkungan sekitar.


0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.