Tips Menginap di Hotel Berbintang

Masih ingatkah pengalaman Anda saat pertama kali menginap di hotel berbintang? Erwin (30) teringat pengalamannya yang ndeso saat menginap di hotel berbintang.

"Keset hotel saya pakai buat handuk," katanya sambil tertawa. Hotel berbintang memang menjadi tempat menginap yang nyaman serta menawarkan beragam fasilitas dan layanan menarik. Namun, selalu ada hal pertama untuk sebuah pengalaman.

Bisa jadi Anda belum pernah menginap di hotel berbintang dan dalam waktu dekat menginap di hotel berbintang, entah untuk liburan atau urusan pekerjaan. Jika Anda memutuskan untuk menginap di hotel berbintang dan belum pernah memiliki pengalaman sebelumnya, berikut beberapa panduan untuk Anda.

Sebelum menginap, sebaiknya Anda melakukan reservasi terlebih dahulu, baik secara online atau melalui telepon. Hampir setiap hotel berbintang menjalin kerja sama dengan biro perjalanan wisata. Jadi, ada baiknya Anda melakukan reservasi penginapan melalui biro perjalanan wisata tersebut karena umumnya mereka akan memberikan diskon atau biaya yang lebih murah daripada Anda melakukan reservasi sendiri di hotel yang Anda inginkan.

Jika pemesanan kamar sudah dilakukan jauh-jauh hari, jangan lupa untuk konfirmasi kembali kepada pihak hotel sebelum Anda datang. Jadi, Anda lebih memastikan dan yakin bahwa pihak hotel sudah menyiapkan kamar untuk Anda.

Saat check-in, Anda akan diminta untuk memberikan sejumlah uang untuk deposit. Kelebihan uang deposit tersebut akan dikembalikan jika Anda tidak melakukan pembelian selain tarif menginap kamar. Anda juga bisa melakukan deposit dengan menyerahkan kartu kredit.

Sesampai di hotel dan jika Anda membawa banyak barang, jangan sungkan untuk meminta bantuan petugas hotel untuk membawakan barang Anda ke kamar. Jangan lupa memberikan uang tip kepada mereka. Uang tip sekadar ucapan terima kasih, besarnya bisa mulai dari Rp 10.000.

Apabila Anda mendapatkan fasilitas penginapan hotel gratis, misalnya karena tugas kantor, Anda harus mengetahui fasilitas apa saja yang diberikan secara cuma-cuma dan fasilitas apa saja yang diharuskan untuk membayar kembali.

Di hotel berbintang selalu terdapat bar kecil berupa kulkas mini dan peralatan makan, seperti cangkir dan sendok. Kulkas mini berisi aneka makanan dan minuman ringan. Tentu saja Anda akan dikenai biaya jika menikmati makanan dan minuman ringan tersebut. Namun, kopi dan teh yang diseduh sendiri gratis. Begitu pula air mineral botolan dan complimentary sebagai ucapan selamat datang, seperti buah.

Masuk ke dalam kamar mandi, perlengkapan mandi bisa Anda gunakan secara gratis. Sebut saja sabun, sampo, dan sikat gigi. Biasanya perlengkapan mandi tersebut diletakkan di wadah kecil atau di dalam kotak karton. Namun, jangan sampai membawa pulang handuk, keset, atau hair dryer. Benda-benda ini merupakan peralatan hotel yang tidak bisa dibawa pulang.

Bedakan pula antara keset dan handuk. Biasanya bentuknya mirip. Keset yang terlipat diletakkan di dekat bathtub, sedangkan handuk terlipat diletakkan di bagian atas, bisa di atas toilet atau bathtub.

Kunci hotel di hotel berbintang berbentuk kartu sensor. Kartu ini juga berfungsi untuk menyalakan listrik di dalam kamar. Jika Anda mencabut kartu dari tempatnya, listrik akan padam. Jangan lupa membawa kunci setiap Anda keluar dari kamar. Jauhkan pula kartu kunci dari benda-benda elektronik.

Jika Anda membawa barang-barang berharga, pihak hotel biasanya sudah menyiapkan safety deposit box. Simpanlah barang berharga Anda di kotak ini agar lebih aman dan terjaga. Jangan biarkan barang berharga tergeletak begitu saja di meja kamar.

Saat memasuki kamar, petugas akan menunjukkan beberapa fasilitas kamar dan informasi seputar hotel, misalnya mengenai waktu sarapan atau cara menggunakan kunci kamar dan televisi. Apabila tidak ingin beranjak dari kamar untuk memesan makanan, Anda dapat menelepon layanan room service.

Menginap di hotel berbintang biasanya sudah termasuk sarapan. Sarapan yang disajikan dalam bentuk prasmanan. Tanyakan kepada pihak hotel, di mana sarapan disajikan. Umumnya sarapan bisa Anda nikmati di restoran andalan hotel tersebut. Pastikan pula sarapan tersedia pada jam berapa. Waktu sarapan biasanya dari pukul 07.00 hingga 10.00.

Perhatikan waktu check-out. Umumnya hotel memilih jam 12.00 sebagai batas akhir waktu menginap. Setiap hotel menerapkan kebijakan berbeda-beda untuk check-out yang terlambat. Ada hotel yang memberikan toleransi waktu check-out hingga jam 14.00. Apabila lebih dari waktu yang telah ditentukan, biasanya akan dikenakan biaya 50 persen dari harga kamar Anda per hari. Jika lebih dari jam 18.00, Anda akan dikenai biaya penuh menginap selama sehari.

Jangan sungkan untuk bertanya kepada petugas hotel mengenai fasilitas dan layanan yang tersedia, misalnya fasilitas spa, fitness, dan kolam renang. Tanyakan apakah Anda bisa menggunakan fasilitas tersebut secara gratis atau harus mengeluarkan biaya lagi. Selain itu, jika Anda kurang mengerti cara mengoperasikan peralatan fitness yang mungkin baru pertama kali Anda temui, lebih baik tanyakan terlebih dahulu kepada petugas hotel.

Tak semua hotel berbintang menyediakan fasilitas internet secara gratis. Oleh karena itu, tanyakan sebelum Anda meminta fasilitas internet tersebut. Jika selama menginap Anda sangat memerlukan internet, ada baiknya mencari hotel yang menyediakan internet secara gratis. Pastikan pula apakah fasilitas internet gratis tersedia di kamar atau hanya di luar kamar.

Sebelum meninggalkan hotel, lakukan pengecekan kembali semua barang bawaan Anda. Jika ada barang Anda yang tertinggal di hotel berbintang, biasanya barang Anda akan tetap aman terjaga. Sebab, saat menemukan barang tamu di kamar, petugas hotel akan menyerahkan barang tersebut kepada pihak hotel.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.