Artis

Seniman adalah istilah subyektif yang merujuk kepada seseorang yang kreatif, atau inovatif, atau mahir dalam bidang seni. Penggunaan yang paling kerap adalah untuk menyebut orang-orang yang menciptakan karya seni, seperti lukisan, patung, seni peran, seni tari, sastra, film dan musik. Seniman menggunakan imajinasi dan bakatnya untuk menciptakan karya dengan nilai estetik. Ahli sejarah seni dan kritikus seni mendefinisikan seniman sebagai seseorang yang menghasilkan seni dalam batas-batas yang diakui.
Penggunaan umum pada percakapan sehari-hari dan wacana akademik adalah seorang praktisi dalam seni visual saja. Istilah ini sering digunakan dalam bisnis hiburan, khususnya dalam konteks bisnis, untuk musisi dan penyanyi lain (kurang sering untuk aktor). "Artiste" (Prancis untuk artis) adalah varian yang digunakan dalam bahasa Inggris hanya dalam konteks ini. Artis adalah istilah deskriptif diterapkan pada orang yang terlibat dalam kegiatan dianggap sebuah seni. Kata ini juga digunakan dalam arti kualitatif, orang yang kreatif dalam, inovatif, atau mahir, praktik artistik.
Paling sering, istilah ini menggambarkan mereka yang menciptakan dalam konteks seni rupa atau 'budaya tinggi', kegiatan seperti menggambar, melukis patung,, akting, bakat menari, menulis, pembuatan film, fotografi, dan musik-orang yang menggunakan imajinasi, , atau keterampilan untuk menciptakan karya yang mungkin dinilai memiliki nilai estetika. Seni sejarawan dan kritikus mendefinisikan seniman sebagai orang yang menghasilkan seni dalam disiplin diakui atau dikenali. Istilah yang sangat kontras untuk pekerja terampil di media dalam seni terapan atau seni dekoratif termasuk tukang, pengrajin, dan istilah-istilah khusus seperti tembikar, pandai emas atau glassblower. Istilah ini dapat juga digunakan secara longgar atau kiasan untuk menunjukkan orang yang sangat terampil dalam kegiatan non-"seni", serta-hukum, kedokteran, mekanik, atau matematika, misalnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.