Bank Indonesia Imbau Bank Buka Saat Cuti

Kantor Bank Indonesia Batam menganjurkan agar seluruh bank umum yang beroperasi di kota industri itu tetap buka selama cuti bersama dan libur Idul Fitri 1432 H.

Deputi Bidang Sistem Pembayaran dan Manajemen Perbankan BI Batam, Johnson Pasaribu, di Batam, Kamis mengatakan, perusahaan yang menanamkan modal di Batam membutuhkan pelayanan transaksi di saat lebaran sehingga BI menganjurkan bank tetap beroperasi.

"Kami anjurkan buka selama cuti bersama dan libur lebaran untuk melayani transaksi keuangan perusahaan, misalnya Pertamina," kata dia.

Pembelian bahan bakar minyak dari perusahaan-perusahaan industri dari stasiun pengisian bahan bakar umum dilakukan setiap hari, dengan transaksi keuangan rutin setiap hari sehingga membutuhkan layanan bank umum.

Selain itu, BI juga menganjurkan bank umum tetap melayani kebutuhan nasabah selain kliring dan Real-Time Gross Settlement (RTGS).

Ia menyebutkan, bank-bank umum seperti Bukopin, BCA, Mandiri, BRI dan BNI menyatakan akan tetap buka hingga 29 Agustus 2011 dan selama libur lebaran. "Bank buka kembali mulai H+2 Lebaran," kata dia.

BI Batam juga meminta bank umum memasok uang kas di anjungan tunai mandiri (ATM) untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat.

Dana di ATM itu, kata dia, untuk memudahkan masyarakat mengambil uang pada cuti bersama Lebaran Idul Fitri 1432 H.

Pasaribu mengatakan bank-bank umum harus menjamin kecukupan uang di ATM selama libur.
Bila BI menemukan ada ATM yang kehabisan uang tunai, maka akan ditegur. "Kami minta masyarakat melaporkan ke BI jika ada ATM yang kosong," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.