Opor Ayam, Ciri Khas Hidangan Lebaran

Selain ketupat dan sayur godog betawi, opor ayam merupakan sajian istimewa lain pada hari raya Idul Fitri. Hampir sebagian besar masyarakat memasak hidangan ini untuk disantap bersama sanak keluarga sepulang dari salat id.


Opor ayam memang paling nikmat disantap sebagai teman makan ketupat saat Lebaran. Potongan daging ayam yang empuk hingga tulangnya berpadu dengan gurihnya kuah santan membuat hidangan spesial ini selalu digemari. Masakan yang satu ini sangat dikenal di Indonesia.

Opor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelah barat. Meskipun demikian, bukan berarti masakan ini kalah pamor di daerah lain. Bahkan, masing-masing daerah memiliki kekhasan sendiri dalam memasak opor ayam.

Seperti masyarakat Betawi yang mengolah opor lebih kental dan berbumbu. Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu. Dalam membuatnya, digunakan dua jenis santan; kental dan encer. Sebab, jika hanya menggunakan santan kental sejak awal, maka santan akan pecah.

Dan, jika terlalu sering mengaduknya, daging ayam malah akan tercabik sehingga merusak penampilan. Adapun bumbu yang digunakan seperti sereh, lengkuas, jinten, kemiri, ketumbar, dan sebagainya.


0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.