Wapres : Pastikan perlengkapan keselamatan kapal angkutan Lebaran terjamin

Wakil Presiden Boediono meminta petugas dan pengelola moda angkutan kapal penyeberangan di Pelabuhan Merak untuk selalu memeriksa peralatan keselamatan kapal dan memastikan peralatan berfungsi.
"Saya inginkan harap dicek, cek kembali peralatan keselamatan itu. Benar-benar harus diamankan," kata Wapres setelah meninjau kesiapan pelayanan dan angkutan Lebaran di pelabuhan penyeberangan Merak, Cilegon, Banten, Rabu.

Dalam peninjauan tersebut, Wapres didampingi Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono dan Menteri Perhubungan Freddy Numberi.

Mengawali peninjauan, Wapres mendatangi lokasi penjualan tiket kapal. Tiket kapal kelas ekonomi dijual seharga Rp11.500 untuk dewasa dan Rp7.000 untuk anak-anak.

Selanjutnya Wapres langsung menuju ke dermaga I, tempat kapal Jatra I sedang menunggu waktu pemberangkatan menuju Bakauheni.

Wapres bersama Menko Kesra dan Menhub kemudian masuk ke dalam kapal untuk menyaksikan langsung kondisi di dalam.

Wapres juga menyempatkan untuk menyaksikan langsung proses pengangkutan kendaraan dengan kapal Jatra I. Kapal Jatra I memiliki kapasitas 463 penumpang dan 84 kendaraan.

Sebelum meninggalkan pelabuhan, Wapres mengatakan persiapan pelayanan mudik di Pelabuhan Merak sudah baik.

"Persiapannya lebih baik. Moga-moga saja nanti pelaksanaannya juga lebih baik. Tentu itu tergantung pada persiapan di lapangan," kata Wapres.

Wapres berharap masyarakat dapat pulang ke kampung halaman masing-masing dengan lancar dan merayakan Lebaran bersama keluarga.

"Kita harapkan masyarakat bisa menikmati Lebaran dengan baik, dengan lancar kembali ke kampung halaman dengan penuh berkah," kata Boediono.

Sementara itu, memasuki hari keenam menjelang Lebaran, Rabu (24/8), aktifitas mudik melalui Pelabuhan Merak mulai terlihat.

Lonjakan penumpang yang menyeberang dari Merak ke Bakauheni atau sebaliknya, dibandingkan hari-hari sebelumnya mulai terlihat sejak H-8.

Data yang dikeluarkan PT ASDP Indonesia Ferry, tercatat pada H-7 atau Selasa (23/8) jumlah penumpang yang naik atau berangkat dari Merak menuju ke Bakauheni sebanyak 37.421 penumpang. Sementara pada H-8, Senin (22/8) sebanyak 33.834 penumpang.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.