Bank Yang Buka Pada Saat Cuti Lebaran

Sepertinya susah mencari Bank Yang Buka Pada Saat Cuti Lebaran tetapi ada juga yang buka pada saat Cuti Lebaran diantaranya Bank Mandiri dengan Weekend Bankingnya dan Bank BNI dengan 200 gerainya. Meski Bank Indonesia mengumumkan akan menghentikan kegiatan operasional pada tanggal 29 Agustus sampai 2 September 2011 karena cuti lebaran, Bank Mandiri justru berusaha memberikan layanan terbaiknya dengan tetap membuka beberapa layanan saat libur lebaran nanti.

Bank Mandiri mempunyai layanan Weekend Banking yang ada di pusat perbelanjaan yang biasanya tetap beroperasi pada hari weekend seperti Sabtu dan Minggu. Bank Mandiri juga tetap membuka layanan operasionalnya selama cuti bersama lebaran selama seminggu. Disamping itu Bank BNI dengan sekitar 200 gerainya akan tetap beroperasi selama libur hari raya Idul Fitri 1432 H dan cuti bersama 2011, kecuali pada Selasa (30/8).

Tetapi khusus untuk tanggal 29 dan 31 Agustus serta 2 September, Bank Mandiri hanya melayani penebusan Dilivery Order (DO) Pertamina. Ini penting mengingat pada momen lebaran jika SPBU kehabisan stok dan tidak bisa menebus DO karena tidak ada bank buka, maka dipastikan akan terjadi keresahan masyarakat karena BBM ‘hilang’.

Kepala Kantor Wilayah VIII Bank Mandiri, Budi Julianto Siahaan mengatakan, Bank Mandiri tetap akan memberikan layanan terhadap nasabahnya walau BI memutuskan berhenti operasional sementara selama seminggu.

Khususnya pada weekend, layanan weekend banking Bank Mandiri tetap akan beroperasi, seperti di Pasar Gentengkali dan Pasar Atom Mall tetap beroperasi pada Sabtu (27/8) dan Sabtu (4/9).

"Hal ini sama seperti tahun-tahun lalu, khusus DO Pertamina akan tetap dilayani saat Lebaran yang dimulai pada Senin (27/8), Rabu (31/8) dan Jumat (2/9) pada pukul 08.00 - 15.00 WIB," kata Budi, Rabu (24/8).

Tapi kata Budi, layanan tersebut hanya bisa dilayani di 23 kantor cabang Banki Mandiri saja. Saat ini jumlah jaringan Bank Mandiri di wilayah VIII sekitar 129 tetapi jumlah ini belum termasuk cabang mikro.

Budi bilang, DO Pertamina harus tetap dilayani, pasalnya suplay permintaan bahan bakar kendaraan bermotor saat Lebaran nanti akan meningkat tinggi. "Kalau Bank umum juga ikut tutup selama seminggu, maka kondisinya akan terjadi penundaan pembayaran dan SPBU akan kehabisan sok BBM dan bisa ikut tutup juga," ujarnya.

Selain Bank Mandiri, Bank BNI pun dengan mengandalkan sekitar 200 gerai PT Bank Negara Indonesia (BNI) akan tetap beroperasi selama libur hari raya Idul Fitri 1432 H dan cuti bersama 2011, kecuali pada Selasa (30/8).

Keterangan tertulis BNI yang diterima di Jakarta, Rabu (24/8), menyebutkan, pada Senin (29/8) sebanyak 200 gerai BNI tetap beroperasi secara terbatas dari jam 08.30 hingga 13.00 waktu setempat.

Sementara pada Selasa (30/8), seluruh gerai BNI dinyatakan libur atau tidak beroperasi.

Pada Rabu (31/8) hingga Jumat (2/9), BNI tetap beroperasi secara terbatas dengan pengaturan layanan yang telah ditetapkan.

Pengaturan layanan dimaksud adalah 200 gerai BNI yang ditunjuk akan melayani transaksi perbankan berupa transaksi kas rupiah, pemindahbukuan antar-rekening BNI, dan setoran Pertamina (bahan bakar minyak dan non-bahan bakar minyak).

Jam atau waktu pelayanan operasional adalah mulai pukul 08.30 hingga 13.00 waktu setempat.

Khusus untuk transaksi penarikan tunai dibatasi senilai maksimum Rp100 juta. Penarikan di atas Rp100 juta dimohon menginformasikan terlebih dahulu dua hari sebelumnya.

Sedangkan layanan gerai perbankan akhir pekan BNI akan tetap beroperasi seperti biasa.

Seluruh gerai BNI akan kembali beroperasi secara normal seperti biasa
mulai Senin (5/8).

Sementara itu, 200 gerai yang tetap buka terdapat di Sumatera, Jabodetabek, Jawa, Bali dan Sumbawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku dan Papua.

Di wilayah Jabodetabek, outlet yang tetap buka antara lain Bekasi, Bogor, Bumi Serpong Damai, Cempaka Mas, Daan Mogot, Gambir, Kramat, Mangga Dua Mal, Menteng, Pasar Baru, Pasar Mayestik, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Impian Jaya Ancol, Tanjung Priok, Terminal B Bandara Soekarno-Hatta, Grand Indonesia, dan ITC Mangga Dua.

Diolah dari berbagai sumber yang terpercaya

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.