Busana yang Cocok untuk Lebaran

Lebaran memang tak hanya bertabur dengan busana muslim. Mereka yang nonmuslim pun turut merayakan semarak Idul Fitri. Tak heran, keragaman busana muslim kian variatif sehingga bisa dikenakan bagi mereka yang tak merayakan.

Jika dibandingkan dengan dulu, gejolak busana muslim memang kian beragam. Pemakainya pun tak hanya mereka yang notabene menyandang identitas muslim, tapi juga para nonmuslim sekalipun. Kondisi tersebut tentu makin menggairahkan para desainer karena pasar segmentasi mereka kian luas.

Hal tersebut tampak dalam parade fesyen hari kedua yang dihelat Pasaraya bertajuk “Wajah Mode in Ramadhan”. Di sini, berbagai busana mulai dari koleksi busana muslim, etnik hingga cocktail disuguhkan. Sesuai dengan tema acara yang diangkat yakni “Festive & Celebration”, acara fesyen yang didukung 54 desainer ini memang terlihat sangat variatif dan segar. Apalagi, meski rancangan yang dibawakan desainer beragam, mereka pada umumnya mengedepankan ragam budaya Indonesia.

Di hari kedua ini misalnya, batik yang menjadi kearifan lokal Indonesia menjadi primadona. Beberapa desainer yang menampilkan koleksi etnik mencoba menawarkan desain mereka yang sangat apik nan menawan. Meski bukan busana muslim, menariknya desain yang ditawarkan berbentuk longgar sehingga bisa dikenakan saat menghadiri jamuan di hari Idul Fitri mendatang.

Manik Puspito adalah salah satu di antaranya. Mengangkat tema “Etnik Jogya”, Manik menjadikan kain cantik tersebut sebagai busana indah. Busana batik yang dibuat panjang layaknya long dress disatukan dengan pemakaian kain tipis sebagai penutup dada.

Desainer yang juga mengusung material batik dalam parade ini adalah Wiwin Fitriana dengan tema “Wonderful Jogya”. Wiwin yang terinspirasi dari Kota Gudeg tersebut menuangkannya dalam potongan busana berbentuk kaftan yang menyuguhkan keberagaman warna.

Ada pula Afif Syakur yang juga membawakan keindahan kain lawas tersebut. Desainer asal Yogyakarta ini memberikan pilihan busana panjang lengkap dengan kain yang bisa dijadikan pemanis busana sekaligus juga kerudung. Afif dengan kekhasan rancangannya yang elegan tersebut memberikan pilihan kepada para pemakai dalam mengenakan busana etnik yang bisa dikenakan sebagai busana muslim dan juga busana resmi dengan penggunaan selendang.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.