Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)

Unsoed atau Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), adalah perguruan tinggi negeri di Indonesia, berada di Purwokerto, Jawa Tengah. Unsoed berdiri pada tanggal 10 Februari 1961, dan resmi menjadi perguruan tinggi negeri pada tahun 1963 dengan lahirnya Keppres. No.195/1963 dan SK Menteri No. 153/1963. Nama Jenderal Soedirman diambil dari pahlawan nasional kelahiran Banyumas tempat dimana universitas ini berdiri dan menjadi monumen hidup untuk mengenang jasa-jasanya pada nusa, bangsa dan negara.

Kampus yang terletak di kaki Gunung Slamet sebelah utara kota Purwokerto kabupaten Banyumas ini pada awal berdirinya hanya memiliki 3 buah fakultas, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Biologi, Fakultas Ekonomi. Saat ini terdapat 8 fakultas yang terdiri 56 program studi baik program sarjana maupun pascasarjana.

Arsitektur kampus dengan udara pegunungan yang relatif sejuk seluas lebih dari dari 850.000 m2 juga didukung dengan sarana dan prasarana seperti stadion olahraga, tempat ibadah, poliklinik, cafe, auditorium dan lain-lain.


Lokasi Kampus

Grendeng
Yang terdapat didaerah ini : Gedung Rektorat, UPT Perpustakaan Pusat, Gedung Administrasi Pusat, UPT Penerbitan & Percetakan, Fakultas Ekonomi beserta Program Pascasarjana (PPAk dan Ekonomi Pembangunan), Fakultas Hukum beserta Program Pascasarjana, Fakultas ISIP (tidak termasuk Ilmu Budaya) beserta Program Pascasarjana (Ilmu Administrasi Negara), Gedung Wisuda Baru, Gedung Soemardjito, UKM SEF UNSOED, Perumahan Dosen, dan UNSOED Clinic Center. Semua lokasi ini terletak di Jln. Prof. Dr. Bunyamin dan sebagian Jln. Kampus.

KarangWangkal
Yang terdapat didaerah ini : Program Studi D3 Sastra (Inggris dan Mandarin) , Program Pascasarjana (Magister Manajemen), Fakultas Biologi beserta Program Pascasarjana, Fakultas Pertanian beserta Program Pascasarjana (Ilmu Tanaman), Fakultas Peternakan beserta Program Pascasarjana (Sumber Daya Ternak), Fakultas Sains dan Teknik (MIPA, Perikanan dan Kelautan) beserta Program Pascasarjana (Sains dan Ilmu Lingkungan), FKIK (Farmasi, Keperawatan, dan Kesehatan Masyarakat), Stadion Olahraga UNSOED, Lembaga Penelitian, Sentra HKI UNSOED, UKM Pusat, dan Asrama Mahasiswa. Semua lokasi ini terletak di Jln. Dr. Soeparno.

Kalibakal
Yang terdapat didaerah ini hanya Program Studi S1 Sastra Inggris, S1 Sastra Indonesia, dan S1 Kedokteran Gigi (FISIP dan FKIK). Lokasi ini terletak di Jln. Jend. Soedirman.

Margono
Yang terdapat didaerah ini hanya Program Studi S1 Kedokteran Umum (FKIK), terletak di Jln. Dr. Gumbreg.

Desa Blater, Purbalingga
Yang terdapat di daerah ini hanya FST semua jurusan Teknik S1 dan D3. Lokasi ini merupakan yang terjauh dari kampus Pusat (Grendeng)

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.