Universitas Nusa Cendana (UNDANA)

Universitas Nusa Cendana, disingkat UNDANA, adalah salah satu universitas negeri yang terletak di daerah yang secara geografis bertempat di kota Kupang, Timor Barat, ibukota provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Undana adalah satu-satunya perguruan tinggi negeri yang terletak pada kawasan paling selatan di kawasan timur Indonesia. Posisinya sangat strategis di kawasan Pasifik and terdekat ke Australia, Selandia Baru dan Timor Leste. Sejak berdirinya pada tahun 1962, Undana telah memiliki 8 fakultas, 38 jurusan dan 40 program studi dan program pascasarjana dengan 5 buah program studi magister. Undana memiliki lebih dari 800 dosen, lebih dari 13.000 mahasiswa diploma, strata 1 dan starta 2. Pada hari ulang tahunnya yang ke 46 pada tanggal 1 September 2008, Undana telah menghasilkan hampir 32.000 lulusan, lebih dari 70% daripadanya bekerja pada sektor publik pada tingkat provinsi maupun 20 kabupaten/kota se NTT.

Banyak diantaranya yang mendapatkan posisi pimpinan, yang membuat Undana berbangga dengan posisinya di wilayah ini. Akan tetapi, bila dibanding dengan sejumlah perguruan tinggi di Jawa dan negara-negara lain di Asia Tenggar, kami menyadari bahwa kami baru dapat berbangga di bidang pendidikan dan pengajaran dan masih harus bekerja keras untuk memainkan peran penting di bidang penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat, Hampir semua hasil penelitian mahasiswa dan dosen belum mencapai tahap pengembangan menuju aplikasi praktis. Bagian yang terakhir inilah yang paling sulit dalam keberadaan Undana terutama jika Undana pada waktunya harus berotonomi dalam waktu tidak terlalu lama.
Membangun Undana ke depan dalam berbagai aspek untuk mencapai cita-citanya adalah tantangan yang sangat berat. Penciptaan dan pemeliharaan jejaring kerjasama dan dukungan dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupoaten/kota, maupun pperguruan tinggi yang telah mapan baik dalam negeri terutama perguruan tinggi di luar negeri seperti di Jepang, Amerika dan Canada, Uni Eropa, Australia dan Selandia Baru mutlak diperlukan untuk mempercepat proses menjadikan Undana universitas yang mandiri dan lebih dihormati pada tataran nasional dan internasional.

Visi dan Misi

VISI :
Perguruan Tinggi Berwawasan Global

MISI :

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang mampu menghasilkan sumberdaya manusia berkualitas yaitu berakhlak, berbudi pekerti, mandiri, inovatif, kompetitif, sehat, berdisiplin, dan menguasai iptek. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengembangan yang berorientasi pada kebutuhan pasar dalam rangka meningkatkan daya saing nasional dan regional.
2. Meningkatkan kapasitas Universitas untuk memberikan sumbangan yang optimal bagi penciptaan masyarakat berbasis ilmu pengetahuan.
3. Menyelenggarakan dan mengembangkan sistem pelayanan bermutu tinggi bagi mahasiswa.
4. Mengembangkan sistem manajemen yang dinamis dan profesional, efektif, efisien, dan akuntabel.
5. Meningkatkan dan mengembangkan kerjasama di berbagai bidang dengan lembaga-lembaga lain pada level nasional, regional demi kemandirian Undana dan lulusanny.
6. Membina dan meningkatkan kerjasama dengan lembaga lain, nasional maupun internasional

Tujuan

* Menyiapkan peserta didik dan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional
* Mengembangkan dan menyebarluaskan ipteks serta mengupayakan kegunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat, melestarikan kebudayaan daerah dan nasional
* Menghasilkan kualitas kinerja manajemen akademik dan non-akademik secara efektif, efisien, produktif dan ekonomis.
* Menghasilkan kemitraan antara Undana dengan lembaga lain baik lokal, nasional, dan internasional untuk meningkatkan kemandirian lembaga dan lulusan.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.