Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA)

Undiksha atau Universitas Pendidikan Ganesha adalah sebuah perguruan tinggi Negeri yang terdapat di Singaraja, Bali, Indonesia. Pada mulanya UNDIKSHA Singaraja adalah lembaga pendidikan yang telah dikenal dengan nama IKIP Negeri Singaraja yang dulunya adalah lembaga pendidikan berupa kursus B1 Bahasa Indonesia (1955).

Dua tahun kemudian, dibuka kursus B1 Perniagaan. Dan lima tahun kemudian, keduanya dilebur menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang berada dibawah naungan Universitas Airlangga Surabaya.

Ketika Universitas Udayana berdiri, FKIP ini dilepaskan dari Universitas Airlangga, menjadi salah satu fakultas di Universitas Udayana, Denpasar.

Belakangan FKIP tersebut dialihkan menjadi IKIP Malang dan diberi nama IKIP Malang cabang Singaraja.

Visi dan Misi

VISI :
Sebuah Lembaga Pendidikan Tinggi berkualitas yang dikembangkan berdasarkan Pancasila dan Undang Undang dasar 1945, yang menjunjung nilai-nilai kemanusiaan, menghasilkan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Non-Kependidikan yang bertaqwa kepada tuhan Yang Maha Esa, memiliki kemampuan akademis-profesional yang tinggi, mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sehingga mampu menghadapi masa depan serta memenuhi kebutuhan masyarakat. MISI :
Menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi secara efektif dan efisien, di tingkat S0 Kependidikan dan Non-Kependidikan, S1 dan Pasca Sarjana secara berkualitas, bermoral Pancasila, agar hasilnya memiliki daya saing tinggi dan diterima masyarakat global.
Secara rinci misi tersebut dijabarkan sebagai berikut:

1. Menghasilkan sumber daya manusia suberdaya manusia berkemampuan akademik dan profesioanal yang memenuhi keperluan pembangunan bangsa dan negara, baik dilihat dari segi kuantits, kualitas, maupun jenis dan moralitasnya.
2. Mewadahi pengkajian, pemahaman, penerapan, dan pengembangan sains dan teknologi, baik oleh warga masyarakat yang dilatih dan dididik di lingkungan kampus maupun oleh kalangan industri dan praktisi di luar kampus.
3. Mewadahi pengkajian, pemahaman, penerapan, dan pengembangan ilmu pendidikan ilmu-ilmu soaial dan humaniora bagi warga masyarakat yang dididik dan dilatih li lingkungan kampus di samping untuk memajukan budaya dan meningkatkan kualitas hidup manusia.
4. Mengembangkan sebuah subkultur dengan cirri inovatif, efektif, dan efisien, baik secara internal maupun eksternal.
5. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan pra dan dalam jabatan bagi warga masyarakat yang memerlukan pada berbagai bidang keahlian dan keterampilan yang diperlukan, baik oleh pasar kerja maupun pembangunan bangsa dan negara.
6. Menghasilkan dan mempublikasikan berbagai temuan dan inovasi di bidang sains dan teknologi kependidikan dan non kependidikan yang berguna bagi pembangunan bangsa dan negara.
7. Menciptakan dan mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai perguruan tinggi, dunia usaha dan industri, baik di dalam maupun d iluar negeri, di samping dengan instansi pemerintah terkait


Fasilitas

Jumlah ruang kuliah:
76, luas ruangan seluruhnya 5.016 m2

Perpustakaan pusat:
luas 242 m2, koleksi buku: 4.275 judul, 37.818 eksemplar
Laboratorium:
luas 5.118 m2, 70 unit (Biologi, Kimia Organik-Anorganik, Fisika, Elektro, Komputer, Bahasa)

Lembaga penelitian:
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, LPM, P2M

Unit kegiatan mahasiswa:
teater, sepak bola, basket, voli

Fasilitas lain:
ruang dosen (1.740 m2), ruang kantor/administrasi (3.242 m2), ruang studio (808 m2), asrama mahasiswa (1.100 m2), auditorium (760 m2), tanah untuk lain-lain (57.569 m2), tanah untuk asrama mahasiswa (1.000 m2), Asrama Mahasiswa D2 PGSD, Kebun Percobaan Biologi, gedung olahraga/GOR, lapangan olahraga (tenis, basket, badminton, voli, tenis meja, sepakbola)

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog



Diberdayakan oleh Blogger.